Senin, 09 Februari 2015

Pilihan Bisnis 2015, Angkringan Jogja


Angkringan, tempat “nangkring” kawula Jogja adalah suatu bisnis kuliner bermodal merakyat namun berpenghasilan ningrat yang banyak ditemukan dewasa ini baik di kota Jogjakarta sendiri maupun luar Jogja. Berdiri di sepanjang emperan jalan Jogjakarta, warung-warung kecil ini menjadi salah satu tempat favorit warga asli Jogja maupun manusia-manusia pendatang yang menyebut diri mereka mahasiswa untuk bercengkrama menghabiskan waktu bersama sambil menikmati makanan dan minuman sederhana khas angkringan Jogjakarta. Suasana santai dan kebersamaan yang hangat inilah yang menjadi daya tarik angkringan, selain makanan dan minuman yang dijajakan enak, sehat, dan harganya bersahabat. 

                Nah, apakah yang menjadikan angkringan Jogja itu peluang bisnis usaha yang tepat ? Angkringan nasi kucing memang pilihan yang untuk mengawali karir menjadi seorang wirausahawan. Faktanya, angkringan merupakan suatu usaha sampingan yang ditekuni oleh banyak orang. Apalagi bagi yang mempunyai aktifitas super sibuk di siang harinya. Sebagai contoh mahasiswa yang pengen cari usaha sampingan modal kecil, para pekerja pabrik atau kantor yang ingin mencari penghasilan tambahan, ataupun bagi orang-orang yang ingin mencari kesibukan di waktu luangnya, sebagai contoh pensiunan. Modal yang diperlukan untuk mengawali usaha kuliner ini pun bisa dibilang murah. Resiko untuk rugi pun minim apabila sikap kreatif dan cermat diterapkan selama menjalankan bisnis ini.

                Angkringan jogja adalah suatu bisnis yang bisa kalian jalankan sendiri atau pun gabung dengan waralaba/franchise lho. Peralatan yang dibutuhkan pun mudah didapat dan sistem kerjanya juga simple dan ga ribet. Tapi, ada yang membedakan antara gabung dengan waralaba dengan mendirikan angkringan sendiri bro, antara lain :
Mendirikan sendiri :
  • 1.       Bebas . terkadang ada beberapa waralaba yang mempunyai aturan-aturan yang cukup ribet.
  • 2.       Harus 100% mandiri, mulai dari peralatan dsb harus nyari dulu keliling pasar atau swalayan.
  • 3.       Harus mengadakan riset sendiri mengenai makanan atau minuman apa yang harus dijual, metode apa yang harus dilakukan agar angkringan ramai pelanggan, promosi angkringan pun harus dilakukan secara mandiri.
Ikut franchise, terutama franchise Angkringan Nasi Kucing 78 :
  • 1.       Mendapat bimbingan dan konseling pemasaran dan strategi jitu dalam berdagang
  • 2.       Alat dan perlengkapan telah didapat dalam satu paket, jadi ga ribet nyari sana sini.
  • 3.       Mendapat anjuran list menu resep-resep makanan dan minuman untuk dijual.
  • 4.       Mendapatkan pelayanan promosi melalui dunia maya/internet.
  • 5.       Mendapat ijin penggunaan labeling Angkringan Nasi Kucing 78 yang sudah populer dalam masyarakat yang tentunya akan mempermudah kalian untuk mendapat kepercayaan konsumen.
  • 6.       Omset yang kalian dapat menjadi milik kalian sendiri bro,tanpa harus ngasih setoran macam-macam ke pihak franchise.
Mengenai produk yang dijual di angkringan bisa bervariasi. selain makanan dan minuman yang tertera dalam list menu resep, kalian juga bisa menambah menu sendiri yang kreatif. Dapat juga dengan menjual produk lain seperti rokok, pulsa, makanan cepat saji seperti mie instan, atau sejenis makanan pembuka seperti roti bakar dan lain sebagainya. Apa saja bisa asalkan tidak menjual barang-barang yang dilarang negara seperti alkohol dan sejenisnya.

        Untuk menjadi sukses dalam bisnis ini diperlukan keuletan, kesabaran, dan kekreatifitasan. Walaupun cara yang harus dilakukan cukup sederhana tapi apabila kurang gigih dan kreatif maka bisa dipastikan sukses pun tertunda. Ingat, kesuksesan itu datang pada orang yang mau berusaha. Bagaimana? Sudah siapkah kalian jadi pengusaha?







Tidak ada komentar:

Posting Komentar